SEJARAH SINGKAT


Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK UNUD) tepatnya berdiri pada tahun 1962 dan merupakan salah satu bagian dari 12 Fakultas yang ada di bawah Universitas Udayana. FK UNUD berlokasi di Denpasar (Pusat Kota Propinsi Bali). Fakultas Kedokteran UNUD merupakan salah satu dari institusi pendidikan kedokteran yang memiliki kualitas yang tinggi dan dapat disejajarkan dengan institusi pendidikan kedokteran pada tingkat nasional dan ASEAN.
    Sejalan dengan pembangunan infrastruktur fisik dan pengembangan fasilitas pendidikan di FK UNUD, juga diikuti dengan peningkatan kualifikasi staff pengajar dan perubahan kurikulum pendidikan demi memenuhi tantangan global dan meningkatkan kualitas lulusan. Sejak tahun 2003 yang lalu, FK UNUD telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi bagi Program Pendidikan Sarjana Kedokteran. Implementasi kurikulum ini ditandai dengan proses integrasi materi ilmu kedokteran dasar, ilmu kedokteran klinik, dan beberapa ilmu sosial dan perilaku di bidang kedokteran kedalam satu sistem pembelajaran yang terintegrasi. Strategi pengajaran yang ditempuh adalah melalui sistem belajar independent dan proses pembelajaran aktif baik melalui sistem kuliah, diskusi kelompok kecil, tugas individu (learning task), dan penilaian. Fakultas Kedokteran UNUD sangat meyakini bahwa dengan penerapan sistem ini akan mampu mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang diperlukan untuk membangun kemampuan dalam memecahkan masalah medis untuk menjamin karir para mahasiswa di masa datang. Pada tahun 2007, FK UNUD juga telah mendirikan salah satu program pendidikan sarjana yang baru yaitu Program Studi Ilmu Keperawatan dengan jumlah mahasiswa pada awal dibuka adalah 200 orang.
    Saat ini, FK UNUD tengah menjalankan 2 program pendidikan sarjana dan program pasca sarjana (baik pendidikan spesialis, program master ataupun program doktoral dalam ilmu bio medis). Disamping menjalankan tugas sebagai elemen pendidik, FK UNUD juga berperan aktif dalam proses penelitian dan pelayanan publik. Ketiga hal ini merupakan elemen inti dari prinsip-prinsip perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Hal ini di kenal sebagai Tri Dharma Perguruan Tinggi.
    FK UNUD memiliki komitmen tinggi dalam meningkatkan atmosfer akademik di kampus kedokteran dan keterlibatan staff dalam memberikan pelayanan yang terbaik. Untuk mencapai tujuan tersebut, FK UNUD telah berhasil mendapatkan bantuan dari berbagai lembaga donor, baik dari pemerintah ataupun dari sektor swasta.

Image Gallery

Dikelola Oleh

Team IT Fakultas Kedokteran
Copyright (c) 2010
Fakultas Kedokteran

Contact Us

Address:Jl. PB. Sudirman DENPASAR 80232 BALI
Telephone: +62 361 222510
FAX:+62 361 246656

E-mail:
info@fk.unud.ac.id
humasfkunud@yahoo.com