Dalam rangka memperingati dan menyemarakkan bulan Kemerdekaan, telah dilaksanakan acara Harmoni Indonesia pada tanggal 5 Agustus 2018. Acara ini dilangsungkan secara serentak di 48 kota di seluruh Indonesia dan 9 kota di luar negeri, serta diikuti oleh 38 perguruan tinggi. Acara yang pertama kali diselenggarakan ini merupakan gagasan dari Presiden Joko Widodo.

Universitas Udayana sebagai kampus Pancasila menjadi salah satu titik kumpul penyelenggaraan kegiatan ini di Bali. Acara yang dilangsungkan di Gedung Rektorat Kampus Unud, Jimbaran diikuti oleh civitas akademika, unsur kepolisian, instansi pemerintah dan perwakilan perguruan tinggi se Bali.  Fakultas Kedokteran dipercaya menjadi panitia pelaksana dan Program Studi Penyakit Dalam dipercaya mewakili Fakultas Kedokteran untuk menjadi penanggung jawab di luar ruangan sebagai pembukaan acara.

Acara Harmoni Indonesia di Universitas Udayana dibuka oleh sambutan Ketua Panitia Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.B, Sp.OT (K) dan Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K), acara dilanjutkan dengan pembentangan bendera Merah Putih berukuran 100-meter dan pelepasan balon merah putih sambil diiringi oleh Marching Band Universitas Udayana.

Cuaca yang mendung tidak menyurutkan semangat dari para peserta acara Harmoni Indonesia ini. Acara yang bertujuan untuk meningkatkan semangat persatuan, kerukunan, dan kebangsaan berlangsung dengan baik. Seusai pembentangan bendera Merah Putih, acara dilanjutkan di Auditorium Widya Sabha.

Puncak acara di Gedung Auditorium Widya Sabha yang diisi dengan tayangan live streaming menyanyikan secara serentak lagu kebangsaan dan lagu-lagu perjuangan. Dalan kesempatan tersebut juga dikumandangkan yel yel Harmoni Indonesia yakni Salam Pancasila… Saya Indonesia, Saya Pancasila, NKRI Harga Mati. Acara juga dimeriahkan dengan Penampilan Band Fakultas Kedokteran, Pembacaan Puisi oleh Prof. Wimpie Pangkahila dari FK, Parade Pakaian Daerah dan Musikalisasi Puisi oleh mahasiswa Fakultas Imu Budaya Universitas Udayana. (Kwn-Adt 2018)

Share this Post:

Related Posts: