Assessment of Pilot Social Media Campaign Targeting Urban Adolescent Girls in Indonesia

Kegiatan tim CPHI PSKM FK Unud saat pengumpulan data primer (wawancara mendalam & FGD) pada remaja putri di Jakarta

pengumpulan data primer (wawancara mendalam & FGD) pada remaja putri di Jakarta

Center for Public Health Innovation (CPHI) PSKM Unud dipercaya sebagai tim evaluator eksternal untuk menilai efektivitas dari pelaksanaan kampanye gizi melalui social media kepada remaja putri di daerah perkotaan di Indonesia. Pilot project yang telah diperkenalkan oleh GAIN Indonesia dan mitra lokalnya ini diberi nama #ThePrettyandPicky.

Dalam proses penilaian, tim CPHI PSKM FK Unud melakukan kegiatan pengumpulan data primer (wawancara mendalam dan FGD) terhadap remaja putri di dua Kota di Pulau Jawa yaitu Jakarta dan Yogyakarta.

Program kampanye social media ini telah dilaksanakan sejak bulan Maret 2017 dan bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan, pengetahuan, dan sikap remaja putri terhadap pemilihan makanan sehat.

Public Health Grand Round & Guest Lecture

Public Health Round and Guest Lecture “HIV Prevention among Men Who Have Sex with Men” 5 Mei 2017 di Ruang Teater FK Unud (09.30-12.00 WITA)

Acara yang diselenggarakan oleh Center for Public Health Innovation (CPHI) PSKM Unud bersama PSMIKM Unud ini menghadirkan pembicara :

  1. Prof. Dr. dr., Ketut Tuti Parwati Merati, Sp.PD-KPTI, FINASIM (Guru Besar Dosen Jurusan Ilmu Kedokteran Medik Bagian Ilmu Penyakit Dalam FK Unud) “The use of ARV for PrEP”
  2. Benjamin Bavinton, MPH., Ph.D (Associate Lecturer HIV Epidemiology and Prevention Program from Kirby Institute) “Effective HIV Prevention Among Men Who Have Sex with Men”
  3. Dr. dr. I Ketut Agus Somia Sp.PD-KPTI (Dokter Pendidik Klinis dan Staf Divisi Penyakit Tropik & Infeksi RSUP Sanglah) “Prevalence of and Risk Factors for Anal High risk HPV among HIV negative and HIV positive MSM and Transgender Women in Sanglah Hospital Bali

Dr. Agus, Mr. Ben & Prof. Tuti

IMG-20170506-WA0027

Seluruh peserta dan undangan yang hadir sebanyak 160 orang. Peserta yang memenuhi ruang teater FK Unud tersebut tidak hanya dipenuhi oleh peserta dari daerah Bali saja, tetapi acara yang diselenggarakan oleh CPHI PSKM Unud bersama PSMIKM Unud ini juga menarik perhatian peserta dari luar bali seperti Mataram, Banyuwangi dan Jakarta.kami sangat mengapresiasi antusias para peserta dalam mengikuti acara ini. Semoga acara ini dapat menambah pengetahuan peserta dan berguna untuk meningkatkan program-program atau upaya pencegahan & penanggulan HIV.

Nantikan kegiatan-kegiatan menarik CPHI PSKM Unud selanjutnya…

UCI Guest Lecture

CJb-l6JUAAUHhBA

Dr. Ady Wirawan, Dr. Zuzana Bic and Dr. Januraga

Guest Lecture on 8 July 2015 at PSKM building 4th floor, Kampus Unud Jl PB Sudirman Denpasar

“Healthy Aging: Fountain of Youth” by Zuzana Bic, Dr.PH, MUDr
Department of Population Health and Disease Prevention, Public Health Program, University of California, Irvine, USA

“HIV/AIDS in Bali” by dr. Pande Putu Januraga, M.Kes, Dr.PH
School of Public Health, Faculty of Medicine and Graduate School of Public Health, Udayana University, Bali, Indonesia

35 students from University of California, Irvine and 20 students from Udayana University School of Public Health participate in the lectures and discussions

Workshop Pencegahan dan Penanggulangan Korban Arak Oplosan

Workshop Oplosan

Rektor Unud saat acara Workshop

Sampai saat ini belum ada SOP di rumah sakit dan puskesmas dalam menangani korban arak oplosan atau keracunan metanol. Kasus meninggalnya Liam Davies, seorang pemuda Australia, adalah salah satu contoh bagaimana ketidakpahaman atau ketiadaan SOP di rumah sakit dan puskesmas telah membuat terengutnya nyawa manusia. Korban-korban lain yang berjatuhan dan tewas di rumah sakit dan di rumah-rumah penduduk adalah akibat ketidakpahaman warga dan juga ketiadaan SOP di puskesmas dan rumah sakit-rumah sakit di Indonesia. Continue reading

Peringatan Hari Anak 2015

HAN

Cap 5 jari, tunjukkan kepedulian, dukung semua upaya untuk memenuhi hak-hak anak.

Kelompok Mahasiswa Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (KMP-KIA) PSKM FK Unud, menyelenggarakan serangkaian kegiatan terkait perayaan Hari Anak Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2015, dan Hari Anak Nasional yang jatuh setiap tanggal 23 Juli.

Rangkaian kegiatan Hari Anak Internasional dan Hari Anak Nasional dibuka secara resmi oleh Ketua Prodi dan dihadiri oleh Ketua BEM FK, HMKM, KMPKIA dan ketua-ketua lembaga kemahasiswaan dilingkungan FK Unud.

Kegiatan lain yang dilaksanakan adalah KIA goes to Munti, KIA goes to Posyandu, Penyuluhan dan kunjungan ke Panti Asuhan. Continue reading

Rangkaian kegiatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2015

Jalan Sehat

Jalan Sehat bersama Bapak Wakil Gubernur Bali dan Walikota Denpasar.

PSIKM FK Unud melalui Bali Tobacco Control Initiative (BTCI) bekerjasama dengan Kelompok Mahasiswa Peduli bahaya Tembakau (KMPT), Dinas Kesehatan Kota Denpasar dan Provinsi Bali, melakukan serangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) yang jatuh pada tanggal 31 Mei 2015. Berikut adalah selayang pandang kegiatan yang telah dilaksanakan dengan sukses.

Continue reading

International Course on Project Management of Tobacco Control

Course

International Course on Project Management of Tobacco Control

Bali Tobacco Control Initiative (BTCI) Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana bekerjasama dengan The International Union Against Tuberculosis and Lung Disease (The Union) mengadakan pelatihan tentang “Project Management of Tobacco Control” pada tanggal 25 – 29 Mei 2015 di Bali. Pelatihan ini bertujuan untuk menambah wawasan peserta, memberikan kesempatan untuk bertukar pengalaman dengan orang-orang yang bekerja dalam pengendalian tembakau di tingkat nasional maupun internasional. Negara – negara yang berpartisipasi dalam program ini adalah Indonesia, Myanmar, Kamboja, Timor Leste dan Nepal.

Siaran media dalam rangka HTTS 2015

Siaran di TVRI Bali

Koordinator BTCI, dosen PSIKM, Bapak Kerta Duana, siaran di TVRI Bali bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali

Salah satu kegiatan dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang jatuh pada tanggal 31 Mei 2015, adalah dengan melakukan siaran di media elektronik seperti radio dan televisi. Berikut adalah sekilas kegiatan yang dilaksanakan oleh dosen-dosen dan mahasiswa PSIKM FK Unud yang tergabung dalam Komunitas Peduli Bahaya Tembakau (KMPT)

Continue reading

Sosialisasi bahaya minum arak metanol

Puluhan warga Banjar Satria, Desa Tulikup, Gianyar, Bali, beramai-ramai mendatangi bale banjar pada Jumat (8/5/2015) malam guna menghadiri kegiatan yang diadakan oleh Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (PSIKM), FK,  Universitas Udayana.

Ketua Panitia Pelaksana Sosialisasi yang merupakan dosen PSIKM Unud ,Putu Ayu Indrayathi, mengatakan fokus dari kegiatan ini adalah untuk mendidik masyarakat, produsen dan petugas kesehatan untuk mengetahui bahaya metanol dan bagaimana menangani pasien dengan keracunan arak metanol.

Selengkapnya baca disini

Sumber: TRIBUN-BALI.COM

Beasiswa Bank Indonesia 2015

PENGUMUMAN BEASISWA BANK INDONESIA
Nomor: 2288/UN14.8/KM.03.02/2015

Sebagai bentuk kepedulian akan kondisi dan kendala di bidang pendidikan, Bank Indonesia melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) bermaksud melanjutkan program pemberian beasiswa bagi 40 (empat puluh) mahasiswa selama 1 tahun (2 semester) pada tahun 2015 di Universitas Udayana. Adapun tujuan dari Program Beasiswa ini adalah

  1. Menigkatkan motivasi belajar serta menjamin keberlangsungan studi mahasiswa;
  2. Meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, indeks pembangunan manusia (human development index) dan daya saing bangsa serta;
  3. Meningkatkan prestasi mahasiswa di bidang akademik (kurikuler), ko-kurikuler dan ekstra kurikuler sehingga mampu menghasilkan sumber daya manusia yang kreatif, mandiri, produktif dan memilki kepedulian sosial yang tinggi serta mampu berperan dalam pemberdayaan masyarakat dan memutus mata rantai kemiskinan.

Adapun kriteria umum mahasiswa penerima beasiswa adalah sebagai berikut : Continue reading