BTOPH (Basic Training of Public Health)

IMG_1880 IMG_1881 IMG_1882 IMG_1883

 

Minggu, 10 September 2017 telah berlangsung acara BToPH (Basic Training of Public Health) yang dilaksanakan di ruang kuliah 4.01, gedung PSKM. Acara ini diawali dengan sambutan oleh ketua panitia, ketua HMKM, ketua BEM dan Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat. Adapun materi yang diberikan yaitu tentang 8 peminatan yang ada di PSKM yang nantinya akan ditempuh pada semester 5. Peminatan tersebut antara lain : Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK), Epidemiologi, Promosi Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Biostatistik, Kesehatan Ibu dan Anak, dan Gizi Kesehatan.

IMG_1884 IMG_1885 IMG_1887

IMG_1888

Lowongan Kerja Enumerator

3 agustus 17

Open recruitment ENUMERATOR survei kepuasan di RSUP Sanglah. Persyaratan:
1. mahasiswa FK Unud semester IV, VI, VIII
2. berpengalaman dalam melakukan survei
3. berdomisili di sekitar denpasar
4. berkomitmen menyelesaikan pekerjaan tepat waktu
5. diutamakan yang menggunakan SMARTPHONE ANDROID

Untuk pendaftarannya cukup mengirimkan CV terbaru dan surat lamaran ke email: cphi.unud@gmail.com (dengan subjek: “Nama_semester_domisili”).
Pendaftaran akan ditutup pada Senin, 7 Agustus 2017 pukul 16.00 WITA

more info please contact us on 085792360767 (mahendra) or 081337379075 (krisma)

 

KMK-KIA GOES TO MUNTI GUNUNG

munti

[HARI ANAK NASIONAL]

Sejarah Hari Anak Nasional berawal dari gagasan mantan presiden RI ke-2 yaitu Soeharto yang melihat anak-anak sebagai aset kemajuan bangsa sehingga sejak tahun 1984 berdasarkan keputusan presiden RI No.44 Tahun 1984 maka ditetapkan setiap 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional

Dalam rangka Hari Anak Nasional, kami dari HMKM FK Unud turut memeriahkan dengan melakukan bakti sosial KIA Road to Munti Gunung HAN 2017

Mau tau keseruannya seperti apa?  Yuk intip bagaimana kegiatan KIA HMKM FK Unud berikut ini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

munti1 munti2 munti3 munti4 munti5 munti6 munti7 munti8 munti9

Assessment of Pilot Social Media Campaign Targeting Urban Adolescent Girls in Indonesia

Center for Public Health Innovation (CPHI) PSKM Unud dipercaya sebagai tim evaluator eksternal untuk menilai efektivitas dari pelaksanaan kampanye gizi melalui social media kepada remaja putri di daerah perkotaan di Indonesia. Pilot project yang telah diperkenalkan oleh GAIN Indonesia dan mitra lokalnya ini diberi nama #ThePrettyandPicky.

Dalam proses penilaian, tim CPHI PSKM FK Unud melakukan kegiatan pengumpulan data primer (wawancara mendalam dan FGD) terhadap remaja putri di dua Kota di Pulau Jawa yaitu Jakarta dan Yogyakarta.

Program kampanye social media ini telah dilaksanakan sejak bulan Maret 2017 dan bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan, pengetahuan, dan sikap remaja putri terhadap pemilihan makanan sehat.

Public Health Grand Round & Guest Lecture

Public Health Round and Guest Lecture “HIV Prevention among Men Who Have Sex with Men” 5 Mei 2017 di Ruang Teater FK Unud (09.30-12.00 WITA)

Acara yang diselenggarakan oleh Center for Public Health Innovation (CPHI) PSKM Unud bersama PSMIKM Unud ini menghadirkan pembicara :

  1. Prof. Dr. dr., Ketut Tuti Parwati Merati, Sp.PD-KPTI, FINASIM (Guru Besar Dosen Jurusan Ilmu Kedokteran Medik Bagian Ilmu Penyakit Dalam FK Unud) “The use of ARV for PrEP”
  2. Benjamin Bavinton, MPH., Ph.D (Associate Lecturer HIV Epidemiology and Prevention Program from Kirby Institute) “Effective HIV Prevention Among Men Who Have Sex with Men”
  3. Dr. dr. I Ketut Agus Somia Sp.PD-KPTI (Dokter Pendidik Klinis dan Staf Divisi Penyakit Tropik & Infeksi RSUP Sanglah) “Prevalence of and Risk Factors for Anal High risk HPV among HIV negative and HIV positive MSM and Transgender Women in Sanglah Hospital Bali

 

Seluruh peserta dan undangan yang hadir sebanyak 160 orang. Peserta yang memenuhi ruang teater FK Unud tersebut tidak hanya dipenuhi oleh peserta dari daerah Bali saja, tetapi acara yang diselenggarakan oleh CPHI PSKM Unud bersama PSMIKM Unud ini juga menarik perhatian peserta dari luar bali seperti Mataram, Banyuwangi dan Jakarta.kami sangat mengapresiasi antusias para peserta dalam mengikuti acara ini. Semoga acara ini dapat menambah pengetahuan peserta dan berguna untuk meningkatkan program-program atau upaya pencegahan & penanggulan HIV.

Nantikan kegiatan-kegiatan menarik CPHI PSKM Unud selanjutnya…

Temu Rasa PSKM

IMG_1908

Kegiatan Temu Rasa PSKM 2017 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat yang merupakan salah satu fungsi dari bidang 3 HMKM. Temu Rasa HMKM 2017 merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh HMKM adapun acara temu rasa bertujuan untuk menyampaikan aspirasi dari civitas akademika PSKM Unud terkait sarana prasarana,fasilitas,serta sistem pembelajaran yang terdapat di PSKM FK Unud. Acara temu rasa ini sebelumnya menyebarkan kuisioner terkait permasalahan yang terdapat di PSKM baik fasilitas, ataupun sistem pembelajaran, kuisioner ini diisi oleh angkatan aktif 2013,2014,2015,2016 dan matrikulasi angkatan 2015 dan 2016. Kuisioner diisi oleh 115 responden dari seluruh angkatan aktif. Hasil kuisioner dibahas dalam temu rasa untuk mengetahui permasalahan di PSKM dan nantinya dapat mengarah keperbaikan demi PSKM yang lebih baik. Kegiatan Temu Rasa diadakan pada tanggal 25 April 2017 bertempat di Ruang Kuliah 4.1 Gedung PSKM FK Unud. Kegiatan temu rasa ini sudah berjalan dengan lancar.

Acara Temu Rasa dimulai dari pukul 13.00-15.00 WITA dengan diawali terlebih dahulu dengan registrasi undangan dan peserta temu rasa, adapun undangan yang hadir pada acara temu rasa ini Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat FK Unud, Sekretaris Program Studi Kesehatan Masyarakat FK Unud, Koordinator Kemahasiswaan Program Studi Kesehatan Masyarakat FK Unud, serta dosen Koordinator Peminatan yang terdapat di PSKM FK Unud. Dihadiri pula oleh perwakilan angkatan aktif serta matrikulasi dan pengurus hmkm. Setelah registrasi dilaksanakan pembukaan dengan agenda pembukaan, memaparkan hasil kuisioner sekaligus diskusi terkait hasil kuisioner, dan dilanjutkan dengan sosialisasi AKA 2017 oleh ketua panitia selanjutnya ini sekaligus menjadi acara penutupan. Pembukaan yang diawali dengan doa selanjutnya memaparkan hasil kuisioner yang telah disebar diseluruh angkatan aktif terdapat 11 pertanyaan dalam kuisioner yang kita bahas, setelah memaparkan seluruh hasil kuisioner akan diberikan waktu untuk diskusi baik antar mahasiswa ataupun dengan dosen-dosen. Diskusi berjalan sangat baik karena terdapat banyak pertanyaan,kritik saran dan tanggapan terkait dengan kuisioner ataupun yang lainnya yang diberikan tanggapan langsung oleh ketua progran studi kesehatan masyarakat dr.Ady sendiri ataupun ditambahkan dengan dosen-dosen lainnya. Diharapkan pada temu rasa ini, pihak prodi bisa mengetahui bagaimana permasalahan yang berada di PSKM dari sisi mahasiswa,mahasiswa bisa menyampaikan aspirasi mereka dan akan mendapat tanggapan dengan cepat serta dari pihak prodi mendapatkan data dari kuisioner untuk nantinya mengadvokasi pihak fakultas. Selain itu pula untuk pembenahan-pembenahan kearah yang lebih baik dalam hal sisitem birokrasi,sistem pembelajaran,staf pengajar,dll. Selanjutnya adalah sosialisasi AKA 2017 oleh ketua panitia AKA, yang melaporkan rangkaian kegiatan AKA 2017 yang sudah berjalan sebelumnya serta memaparkan acara yang nantinya akan dilaksanakan kepada para mahasiswa PSKM dan dosen-dosen. Dengan berakhirnya sosialisasi AKA 2017 maka berakhir pula acara Temu Rasa HMKM 2017.