Pada Kamis, 27 September 2018, Departemen/KSM Penyakit Dalam FK Udayana-RSUP Sanglah kedatangan tamu dari Universitas KEIO, Jepang yang terdiri dari Prof. Katsuya Suzuki, Yasushi Kondo, dan lain-lain. Acara ini merupakan kuliah tamu selama 2 hari, yaitu 27-28 September 2018 dan merupakan hasil kolaborasi dari Universitas KEIO dan Indonesian Rheumatology Association. Kuliah tamu bertempat di Ruang Pertemuan 1, Gedung Angsoka lantai 4, RSUP Sanglah Denpasar.

Pada hari pertama, setelah bertemu dengan Direktur RSUP Sanglah, Kepala Departemen/KSM Penyakit Dalam, delegasi dari Jepang melanjutkan acara ke Ruang Pertemuan 1 untuk berdiskusi masalah kasus yang dibawakan oleh dr. Anak Agung Mas Putriwati Triningrat, SpM sebanyak 1 kasus dan dr. Pande Ketut Kurniari, Sp.P.D. sebanyak 10 kasus. Para delegasi dari Jepang terlihat sangat antusias berdiskusi untuk membahas kasus-kasus menarik di bidang rematologi tersebut.

Pada hari kedua, Jumat, 28 September 2018 diadakan acara kuliah yang diadakan di tempat yang sama. Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan II, Dr. dr. AA. Wiradewi Lestari, SpPK dan dimoderatori oleh Prof. Dr. dr. Prof. Tjok Raka Putra, Sp.P.D.-KR. Kuliah tamu dibagi menjadi 2 topik, yaitu “What is new: Advance in Diagnosis and Pathogenesis of Rheumatic Immune Disease” yang dibawakan oleh Prof. Katsuya Suzuki dan “How to Treat: Recent Advances in treatment of Rheumatic Immune Disease” yang dibawakan oleh Yasushi Kondo. Setelah pemateri selesai memberikan presentasi dilanjutkan dengan sesi diskusi yang disambut baik oleh para peserta. Acara ditutup dengan makan siang.(CAP dan Adt 2018).

Share this Post:

Related Posts: