Pada tanggal 12-14 November 2018, Persatuan Peneliti Penyakit Tropik dan Infeksi (PETRI) Indonesia mengadakan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) yang pertama kali diselenggarakan bersamaan dengan acara The 8th Annual Bandung Infectious Disease Symposium.  Pada kesempatan ini, 8 orang residen penyakit dalam FK Udayana/RSUP Sanglah Denpasar ikut berpartisipasi dalam acara rutin tahunan yang saat ini mengusung tema Harnessing innovative strategies to control and manage infectious diseases”. Acara ini diselenggarakan selama 3 hari di El Royale Hotel, Bandung. Hari pertama dimulai dengan kegiatan workshop dan hands on yang diisi dengan topik infeksi, sepsis dan keterampilan praktis. Dan pada hari berikutnya dilanjutkan dengan simposium yang dibawakan oleh pembicara ahli dari berbagai center pendidikan divisi Tropik di Indonesia dan pembicara dari beberapa negara seperti Belanda dan Selandia Baru.

Pada hari kedua juga diselenggarakan malam kebudayaan berupa penampilan dari masing-masing perwakilan center pendidikan baik pertunjukan tari-tarian maupun pertunjukan musik yang bertujuan untuk mempererat silahturahmi antar peserta yang berasal dari seluruh Indonesia. FK Udayana/ RSUP Sanglah sendiri turut serta mempersembahkan tari Janger yang mendapat banyak apresiasi dari hadirin pada malam itu.   

PIT PETRI juga menyelenggarakan kompetisi ilmiah berupa presentasi oral dan poster. Sebanyak 6 orang residen penyakit dalam FK Udayana/ RSUP Sanglah berpartisipasi dalam presentasi poster dan 2 orang mengikuti lomba presentasi oral. Pada kesempatan ini, perwakilan FK Udayana/ RSUP Sanglah dr. Ary Wismayana meraih juara 3 presentasi poster.

Diharapkan melalui keikutsertaan residen dalam acara Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) PETRI dapat menambah wawasan dan ilmu penerapan yang aplikatif di bidang Tropik Infeksi. Dan kegiatan ini bisa menjadi ajang untuk mengikuti kegiatan ilmiah dalam bentuk presentasi oral maupun poster.(NDA dan Adt)

Share this Post:

Related Posts: