EMAS PIMNAS: PERSEMBAHAN PSIK UNTUK UDAYANA

IMG_20160812_194732

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan ajang ilmiah tertinggi dan bergengsi di tingkat mahasiswa seluruh universitas negeri dan swasta di Indonesia. PIMNAS diselenggarakan oleh KEMENRISTEK DIKTI dan pada tahun ini sudah berlangsung ke 29 kalinya di Institut Pertanian Bogor (IPB). Proses penyelenggaraan PIMNAS dilakukan di masing-masing universitas untuk memilih perwakilan ke tingkat nasional. Seleksi tim PIMNAS di Universitas Udayana dilaksanakan pada tanggal 21 Juni 2016 bertempat di Rektorat Bukit Jimbaran melalui presentasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). PKM dipresentasikan oleh mahasiswa dan didampingi oleh pembimbing masing-masing. Pengumuman yang lolos mewakili Universitas Udayana di PIMNAS ke 29 di IPB sebanyak 3 tim, yaitu 2 tim dari Fakultas Teknik mealui PKM karya cipta dan 1 tim dari Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) FK Unud.

Tim PSIK FK Unud berhasil melaju ke IPB dengan membawa karya PKM pengabdian masyarakat (PKM-M) dengan judul “Pencegahan Demensia Pada Lansia Melalui Terapi BILABONG (Brain Gym Kolaborasi Drama Gong) di Banjar Pucak Sari Denpasar Utara” dengan ketua kelompok Ni Luh Diah Pradnya Kerthiari (2013) dan anggotanya Ni Luh Juliadewi Eka Gunawati (2013) dan Ni Luh Gede Padma Pertiwi (2014). Tim PKM-M PSIK FK Unud dibimbing oleh dosen PSIK spesialis komunitas dengan spesifik bidang studi geriatri atau lansia yaitu Ns. Putu Ayu Sani Utami, M.Kep., Sp.Kep.Kom. Proses di nasional, Diah─sapaan akrab ketua kelompok─mampu mempresentasikan dengan memukau, yang diawali dengan role play lansia yang mudah lupa oleh anggotanya yakni Guna dan Padma. Presentasi tim PSIK dapat memukau dewan juri sehingga mendapatkan medali emas.

Medali emas yang disumbangkan tim PKM-M PSIK FK Unud merupakan emas perdana, sekaligus tim PSIK pertama yang bisa mencapai tahap presentasi di tingkat nasional PIMNAS. Medali emas ini disambut dengan euforia yang luar biasa oleh civitas akademika Unud─khususunya civitas akademika PSIK─karena dengan perolehan medali emas dari PSIK yang dipersembahkan untuk Udayana mampu menempatkan Universitas Udayana di posisi 7 sebagai universitas terbaik dalam ajang PIMNAS ke 29 di Bogor tempo hari. Kemenangan ini akan menjadi pengalaman terbaik untuk selalu berkarya lebih baik lagi kedepannya, khususnya untuk generasi PSIK FK berikutnya dalam membuat PKM. Ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan mendukung tim PKM-M PSIK FK Unud sehingga berhasil mendapatkan satu-satunya medali kepada Udayana, yaitu medali emas. (jr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *