SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI, FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS UDAYANA

CULTURAL – HEALTH PSYCHOLOGY

UNGGUL, MANDIRI, DAN BERBUDAYA

Selamat datang di Program Studi Psikologi bagi mahasiswa baru 2016

Selamat menempuh tahun ajaran baru bagi mahasiswa, 2009, 2010, 2011, 2012, 2013, dan 2014.

Tahun ajaran 2016/2017 menjadi sebuah babak baru bagi proses belajar mengajar dan pelaksanaan Tri Dharma PT di Program Studi Psikologi, FK, Unud. Tahun ini dengan semangat optimisme bagi proses pengembangan  lembaga yang berkelanjutan, kita melakukan redesain terhadap kurikulum pendidikan Sarjana Psikologi.

Letak geografis dan kondisi demografis yang menjadi kekuatan dalam hal kultur serta sejarah berdirinya program studi di bawah Fakultas Kedokteran menjadi dasar bagi fokus keilmuan atau keunggulan kita, yakni cultural-health psychology.

Dengan cultural-health psychology, kita ingin menjadi sebuah lembaga pendidikan Ilmu Psikologi yang mampu menghasilkan riset mutakhir, aplikatif, dan berdaya guna bagi masyarakat. Sejalan dengan hal tersebut, kita ingin berkembang menjadi sebuah lembaga pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan yang mandiri dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya, locam wisdom dalam lingkungan akademis dan profesi yang menjadi bagian dari lembaran kehidupan setiap civitas akademika Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana.

Keberadaan kita sebagai lembaga Pendidikan Sarjana Psikologi tidak terlepas dari kebutuhan dan umpan balik stake holder. Kebutuhan akan Profesi Psikolog dan Sarjana Psikologi semakin meningkat. Rata-rata masa tunggu lulusan hingga tersebar di berbagai lapangan pekerjaan adalah 8 bulan. Tidak hanya kebutuhan, umpan balik berkelanjutan yang diberikan oleh pengguna lulusan, alumni, dan mahasiswa menjadi amunisi bagi kita untuk senantiasa memperbaiki proses dan layanan akademik  serta kurikulum.

Tahun 2017 menjadi sebuah tantangan bagi kita. Proses reakreditasi program studi menunggu di tahun berikutnya. Tahun 2017 menjadi sebuah tahun persiapan bagi pembuktian besar di tahun 2018 apakah kita sudah cukup dianggap layak sebagai sebuah lembaga yang unggul. Banyak hal yang harus dibenahi, banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Kelulusan tepat waktu kita masih rendah, staf pengajar dengan jenjang S3 harus terus bertambah, prestasi dosen dan mahasiswa  di tingkat nasional masih minim, dan publikasi riset serta pengabdian harus membudaya.

Proses ini memerlukan support dan effort seluruh bagian. Staf pengajar bukanlah staf pengajar tanpa mahasiswa. Mahasiswa bukanlah mahasiswa tanpa staf pengajar. Demikian juga staf pengajar dan mahasiswa tidak mampu berproses tanpa dukungan pegawai serta tenaga kependidikan lainnya. Kita satu, kita keluarga, dan kita pasti bisa dengan semangat kebersamaan.

Selamat belajar, nikmati setiap prosesnya, dan rayakan hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>