GLOBAL HEALTH: NURSING AND HEALTH SCIENCES’ PERSPECTIVE

“ACHIEVING SUSTAINABLE COMMUNITY”

 

The 2nd Udayana International Nursing Conference (INC) diselenggarakan pada tanggal 4-5 Agustus 2017. Persiapan konsep dan teknis acara INC dilakukan sejak 2 tahun sebelum penyelenggaraan. Kegiatan hari pertama the 2nd INC dilaksanakan hari Jumat, 4 Agustus 2017. Acara dimulai dengan persembahan tari Sekar Jempiring oleh 5 mahasiswa PSSKPN FK UNUD. Selanjutnya adalah penampilan choir mahasiswa HMIK PSSKPN FK UNUD. Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Seusai pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi sesi 1 oleh keynote speaker Desak Ketut Ernawati, S.Si., PGPharm, M.Pharm,PhD yang memaparkan Interprofessional Education: Evidence from local practice. Keynote speaker berikutnya adalah Dr. dr. Ni Nyoman Sri Budayanti, Sp..MK(K) yang mempresentasikan topik “Global Strategic for Improving Long Term Health and Wellbeing”. Keynotes speaker terakhir dalam sesi ini adalah Prof Marilynne N Kirshbaum, RGN PhD FHEA dari Charles Darwin University, Australia yang membawakan materi mengenai The Evidence Based Practice of Cancer Care. Moderator di sesi 1 ini adalah Ns. Indah Mei Rahajeng, S.Kep.,MSc.

Sesi kedua dari presentasi keynote speaker dimulai pukul 13.30 WITA dan dipandu oleh moderator Ns Emmy Savitri Karin, S.Kep. Pada sesi 2 ini keynote speaker dari  Prince of Songkla University, Thailand yakni  Associate Professor Dr. Urai Hatthakit membawakan materi dengan topic “Health Perspective: Tourism in Nursing”. Selanjutnya keynote speaker berikutnya adalah Professor Michelle Palmer,M.S.N dari University of Rhode Island, USA yang mempresentasikan topik mengenai “Perspective on Maternal Health and Nursing”. Seluruh peserta tampak antusias mengikuti acara ini, terbukti banyaknya peserta yang bertanya saat sesi diskusi.

Pukul 15.30-17.00 WITA acara dilanjutkan dengan sesi oral presentation. Kegiatan ini dilaksanakan di tiga tempat yang berbeda yaitu di Ruang Sabha Agung, Bangli 1 dan Bangli 2. Peserta pun membagi diri sesuai dengan jadwal dan ruangan masing-masing. Sesi oral presentasi ini dilaksanakan secara panel, dengan alokasi waktu masing-masing presenter 10 menit dilanjutkan dengan sesi diskusi pada sesi akhir. Proses penilaian dilakukan oleh dewan juri yang juga tersebar di masing-masing ruang yakni; Michael Joseph S.Dino, PhD,MAN,RN, Professor Kimiko Nagasawa, PhD, dan Michell Katrina Gonong. Ketiga dewan juri akan menentukan 1 orang terbaik pada masing-masing ruang sebagai best speaker. Pukul 17.00-19.00 acara hari pertama ditutup dengan welcome dinner.

Hari kedua pelaksanaan The 2nd INC dimulai pukul 08.30 WITA. Presentasi sesi ke-3 dimoderatori oleh : Ns. Putu Oka Yuli Nurhesti, M.Kep. Keynote speaker sesi ini adalah Michael Joseph S.Dino,PhD,MAN,RN dari Our Lady of Fatima University, Philippines yang membawakan materi dengan topic “Toward Borderless Healthcare: Telehealth Technology for Building Healthier Communities”. Keynote speaker selanjutnya adalah Professor Kimiko Nagasawa, PhD dari University of  Kochi, Japan, membawakan materi mengenai “Global Health Emergency and Disaster Nursing”. Pukul  10.30-12.00 WITA dilakukan sesi oral presentation ke 2. Sebelum closing ceremony, terlebih dahulu diumumkan the best poster dan 3 best speaker dari tiap ruang. Salah satu dewan juri juga mengumumkan 5 manuskrip terbaik yang akan dibantu untuk publikasi internasional. Akhirnya, pada penghujung acara, choir mahasiswa HMIK PSSKPN FK UNUD menampilkan lagu closing ceremony sigulempong serta flashlight mix when we were young yang membuat para peserta merasa kagum dan terkesan. Seluruh kegiatan berlangsung sesuai schedule yang telah disusun.

 

Share this Post:

Related Posts: