Kolaborasi FK Unud dan Dinas Kesehatan Provinsi Bali Lakukan Skrining Deteksi Dini PTM di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem 2024


Dalam upaya peningkatan capaian deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) Prioritas serta pengoptimalan penggunaan Aplikasi Sehat Indonesiaku (ASIK), FK Unud bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali dalam kegiatan pengabdian masyarakat di Puskesmas Rendang, Kabupaten Karangasem. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya deteksi dini PTM prioritas, meningkatkan capaian deteksi dini PTM prioritas sesuai kelompok umur melalui aplikasi sehat Indonesiaku, dan menjadikan kegiatan ini sebagai role model untuk kegiatan sejenis di tempat lain.

Keterlibatan sebanyak 15 orang mahasiswa Sarjana Kesehatan Masyarakat FK Unud turun langsung ke masyarakat bersama Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Rangkaian kegiatan ini diawali dengan pertemuan secara daring pada tanggal 10 September 2024 untuk membahas mengenai rencana kegiatan yang difasilitasi Dinkes Karangasem.

Rangkaian selanjutnya pada tanggal 13 September 2024 adalah pelaksanaan kegiatan deteksi dini di Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem. Dilakukan juga proses input data ke Aplikasi ASIK, dan diakhiri dengan monitoring dan evaluasi hasil kegiatan sebagai bahan koreksi dan masukan untuk kegiatan sejenis lainnya.

#beritafkunud
#fakultaskedokteranunud
#pengabdianmasyarakat