Program Studi Doktor FK Unud Gelar Pengabdian Masyarakat dengan Fokus Kesehatan Lansia di Gianyar

Program Studi Doktor FK Unud Gelar Pengabdian Masyarakat dengan Fokus Kesehatan Lansia di Gianyar


Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) Angkatan 2023, menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan pada Minggu, 21 April 2024 berlokasi di Wantilan Pura Dalem, Desa Celuk, Sukawati, Gianyar. Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat dimulai dari senam lansia, pelayanan kesehatan, dan pembagian kapsul ubi ungu untuk masyarakat lanjut usia di Desa Celuk, Sukawati.


Selain kegiatan yang disebutkan di atas, terdapat pula kegiatan Penyuluhan dan Promosi Kesehatan. Pada kegiatan penyuluhan kesehatan, secara langsung hadir Koordinator Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran yaitu, Prof.Dr.dr. I Made Jawi, M.Kes. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini, beliau memberikan penyuluhan mengenai "Obat Herbal dan Ubi Ungu."


Tak ketinggalan juga, kegiatan pengabdian masyarakat ini juga ingin memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat lanjut usia di Desa Celuk dengan mengadakan sesi Promosi Kesehatan. Sesi ini dimulai dengan pemaparan materi oleh dr. Ni Ketut Putri Ariani, Sp.KJ(K), dengan topik "Chair Yoga dan Pranayama pada Lansiaā€¯. Selanjutnya, topik kedua dipaparkan oleh dr. I Nyoman Wawan Tirtha Yasa, SpB.Subsp.Onk(K), dengan topik "Deteksi Dini Kanker Payudara".


Sesi promosi kesehatan ini berlangsung lancar karena antusiasme warga yang sangat semangat dalam sesi diskusi dan tanya jawab. Tentu saja dibalik terjadinya diskusi yang lancar tersebut, sesi promosi kesehatan ini dipandu oleh seorang moderator, yaitu dr. I Gusti Putra Eka Santosa, M.Fis.