Tingkatkan Kompetensi Voluntary Nursing Team, HMIK Selenggarakan DIKLAT VNT 2024

Tingkatkan Kompetensi Voluntary Nursing Team, HMIK Selenggarakan DIKLAT VNT 2024


Dalam rangka meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh para Voluntary Nursing Team (VNT), Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (HMIK FK Unud) menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan VNT 2024 (DIKLAT VNT) dengan tema "Level Up Your Skills to Invest In Better You" bertempat di Ruang Kuliah 3.02 Gedung Psikologi pada Sabtu, 27 April 2024.


DIKLAT VNT 2024 adalah satu program kerja yang ada di Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan (HMIK) yang bertujuan untuk mengembangkan sumber daya anggota Divisi Khusus Voluntary Nursing Team (VNT) dalam bidang kegawatdaruratan dan pecinta alam, meningkatkan kemampuan softskill dan hardskill anggota, serta mengembangkan wawasan dan kemampuan anggota dalam bidang kegawatdaruratan. 


Dalam DIKLAT ini terdapat beberapa bentuk rangkaian kegiatan diantaranya: pemberian materi, studi kasus, simulasi, evaluasi kegiatan, dan yang terakhir yaitu berupa pelantikan. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Koordinator Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners, Dr. Ns. Ni Ketut Guru Prapti, S.Kep., MNS. Acara Pendidikan dan Latihan (DIKLAT) Day 1 VNT 2024 dihadiri juga oleh Para Dosen Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners serta perwakilan BEM dan LMFK.


Rangkaian kegiatan mencakup pemberian materi:

1. “Manajemen Luka, Perdarahan, dan Syok” yang dibawakan oleh Ns. Nyoman Agus Jagat Raya, S.Kep., MNS

2. “Penanganan Sprain, Strain, Balut, Bidai, dan Tandu” yang dibawakan oleh salah satu dosen dari Program Studi Keperawatan juga, yaitu Ns. I Gusti Ngurah Juniartha, S.Kep.,M.Kep. 


Harapannya dengan diselenggarakannya kegiatan DIKLAT VNT ini agar Calon Anggota VNT XV dapat mengembangkan dan memperkaya wawasan mereka di bidang keperawatan, terutama dalam bidang pertolongan pertama dan kegawatdaruratan.