Kamis, 31 Oktober 2018 bertempat di gedung Angsoka lantai 4 telah dibuka acara parallel workshop sebagai pembuka dari rangkaian acara Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan (PKB) Penyakit Dalam XXVI tahun 2018. Selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 31 Oktober 2018 hingga tanggal 2 November 2018 telah dilaksanakan acara workshop, memorial lecture, debate, symposium dan presentasi poster dengan tujuan untuk memberikan informasi terkini tata laksana penyakit di bidang ilmu penyakit dalam.

Tema yang diangkat pada PKB kali ini adalah “Kntroversi manajemen penyakit di bidang Ilmu Penyakit Dalam”. PKB kali ini mengangkat nuansa yang sangat berbeda dibandingkan PKB sebelumnya. DR. dr. Made Ratna Saraswati, Sp.PD-KEMD selaku ketua panitia mebuat acara PKB ini bukan hanya sebagai acara pertemuan ilmiah biasa namun juga menyelipkan acara-acara hiburan guna menyeimbangan antara otak kiri dan otak kanan. Beberapa pementasan seni seperti tari janger, tari petruk dan kejutan flashmob di tengah-tengah acara yang melibatkan segenap residen penyakit dalam Universitas Udayana/RSUP Sanglah dan dokter spesialis. Hal membuat acara menjadi semakin menarik.

Acara PKB ini berlangsung dengan lancar dan diluar dugaan sangat bayak menarik peserta. Mulai kegiatan parallel workshop hingga kegiatan paralel symposium yang dilaksanakan di Prime Plaza Sanur dihadiri oleh lebih dari 200 peserta  yang mengikuti acara sampai akhir. Kali ini memang beberapa tema yang diangkat sangat aplikatif dan saat diskusi banyak pertanyaan diajukan oleh para peserta baik secara langsung ataupun melalui aplikasi pigeon hole. Sendari awal acara ini menerapkan kecanggihan dengan menggunakan aplikasi pigeon hole dan sangat membantu peserta dalam hal mengakses jadwal, dan informasi seputar PKB.

Sebagai rangkaian tambahan untuk pertama kalinya dirangkaikan dengan acara pertemuan alumni penyakit dalam udayana (PERDANA) dan launching buku alumni berupa acara tea party dan makan malam bersama. Pada acara ini tampak sekali nuansa keakraban antara alumnus dengan supervisor. Alumnus sangat antusias dan menikmati sekali acara tersebut.

Selama tiga hari acara PKB penyakit dalam XXVI tahun 2018 terbilang sukses, semua ini berkat kerjasama tim yang baik dari seluruh panitia. Diakhir acara ditutup dengan penampilan akustik oleh seluruh panitia dan dokter spesialis. Semoga tahun depan acara PKB penyakit dalam berikutnya dapat dilaksanakan semeriah tahun ini.

Share this Post:

Related Posts: