/

Departemen Patologi Anatomi

Pada tahun 1963 Laboratorium Patologi Anatomi pertama kali berdiri dan berlokasi di Laboratorium Botani di Fakultas Sastra. Didirikan oleh Prof dr I Gusti Ngurah Adnyana, Sp. PA, dengan pegawai berjumlah 3 orang. Kemudian tahun 1964 Laboratorium Patologi Anatomi dipindahkan keruangan Radiologi RSUP Sanglah. Laboratorium Patologi Anatomi dipindahkan lagi ke Laboratorium Daerah pada tahun 1967.         

            Pada Maret 1973 didirikan Bagian Forensik yang merupakan bagian dari Laboratorium Patologi Anatomi. Tahun 1978 Bagian Forensik dipisahkan dari Laboratorium Patologi Anatomi. Bagian Forensik dipimpin oleh dr I Ketut Mulyadi, Sp.PA(K) dan Laboratorium Patologi Anatomi dipimpin oleh dr. Tjokorda Oka Tirta Pemayun, Sp.PA. Saat itu, Laboratorium Patologi Anatomi dipindahkan lokasinya ke sebelah timur Laboratorium Daerah. Staf Pengajar Laboratorium Patologi Anatomi pada saat itu antara lain dr. I Ketut Mulyadi Sp.PA(K),  dr. Tjokorda Oka Tirta Pemayun, Sp.PA, dr. Inne Susanti, Sp.PA(K), dr. I Gusti Putu Sudarma, Sp.PA, dr. Moestikaningsih, Sp.PA(K), Prof. dr. I Gusti Alit Artha, Sp.PA(K), MIAC. Pada saat itu kegiatan yang telah bisa dilakukan meliputi kuliah dan praktikum S0-S1, pemeriksaan histopatologi dan sitologi, serta otopsi klinik. Tahun 2013, Bagian Patologi Anatomi kembali dipindahkan ke Gedung IBS lantai II RSUP Sanglah Denpasar hingga saat ini.

            Selain melaksanakan pendidikan untuk mahasiswa S0-S1, mulai tahun 2004 memperoleh ijin penyelenggaraan Program Studi Spesialis Patologi Anatomi sampai dengan saat ini telah menamatkan 39 orang spesialis Patologi Anatomu yang kini telah bertugas di seluruh Indonesia.

News

More News

Event

More Event