Unit

Inter Professional Education (IPE)

/

Unit Inter Professional Education (IPE)

Visi
Menjadikan Unit Kerja IPE sebagai Unit Kerja yang mampu menghasilkan lulusan yang mandiri, professional dan dapat bekerjasana, berkolaborasi antar profesi khususnya di lingkungan Fakultas kedokteran dan di lingkungan tenaga professional bidang kesehatan umumnya.

Misi
1. Memberdayakan civitas akademik di bawah Fakultas Kedokteran untuk bergerak bersama mencapai cita-cita Fakultas Kedokteran, menjadikan IPE sebuah program unggulan institusi Fakultas Kedokteran
2. Memberdayakan dan mengelola sarana dan prasarana yang tersedia di Fakultas Kedokteran, khuususnya di Unit Kerja IPE sebagai prasarana dan sarana untuk mencapai cita-cita IPE sebagai program unggulan
3. Memberdayakan lingkungan masyarakat (komunitas) sebagai media (seting) dalam proses belajar mengajar, untuk mencapai tujuan IPE sebagai program unggulan
4. Mengelola dan memberdayakan sumber daya yang ada sehingga dapat menghasilkan lulusan yang unggul secara professional dalam bekerjasama antar profesi yang ada dibawah Fakultas Kedokteran secara khusus dan berkolaborasi secara umum pada semua profesi di bidang kesehatan
5. Memfasilitasi dan mendorong pejabat structural dan civitas akademik dimasing-masing program studi di bawah Fakultas Kedoklteran untuk memahami dan menyadari pentingnya program IPE, sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam mensukseskan program IPE yang sudah ditetapkan senat Fakultas sebagai Program Unggulan Fakultas Kedokteran.

Strategi yang dipilih dan sudah dilakukan untuk mencapai misi tersebut adalah:

1. Membuat kurikulum yang dinamis dan terus menerus dievaluasi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang selalu berkembang dan berubah sesuai dengan kebijaksanaan fakultas
2. Membuat Modul ( student guide) untuk membantu mahasiswa dan dosen pembimbing dalam melaksanakan proses pembelajaran IPE
3. Membuat Lock Book, sebagai panduan mahasiswa dalam melakukan kerja praktik dalam proses pembelajaran, apa yang harus dikerjakan, yang dievaluasi dan dinilai oleh dosen pembimbingnya di program IPE, sehingga dapat meningkatkan unsure obyektifitas dalam proses evaluasi belajar mengajar di program IPE.
4. Membuat buku acuan untuk dosen pembimbing dalam berperan sebagai fasilitator dalam proses belajar mengajar di program IPE
5. Menyiapkan lingkungan “komunitas” sebagai media (setting pembelajaran, problem base dan community base learning) dalam proses bel;ajar mengajar di program IPE
6. Menyiapkan “web” sebagai media sosialisasi program IPE dan komunikasi antara penyelenggara program, dosen pembimbing dan mahasiswa peserta program IPEE dan lebih jauh untuk civitas akademik dan masyarakat luas yang ingin mengetahui tentang program IPE Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.
7. Melakukan sosialisasi dengan kunjungan-kunjungan ke semua program studi yang terlibat dalam program IPE (semua prodi dibawah FK plus Prodi Farmasi) agar mempunyai persepsi yang sama dan kesadaran dalam melangkah bersama untuk mensukseskan program IPE sebagai program unggulan Fakultas Kedokteran
8. Melakukan sosialisasi ke lingkungan “kominitas” yang menjadi tempat dalam setting pembelajaran program IPE.
9. Menyiapkan, menyusun dan membuat indicator-indikator alat ukur untuk mengevaluasi baik proses belajar mengajar (input) maupun hasil dari proses belajar mengajar dalam program IPE. Secara keseluruhan meliputi evaluasi terhadap penyelenggaraan program, pembimbing dan mahasiswa peserta IPE, termasuk evaluasi terhadap perubahan value serta perilaku yang diharapkan (ranah afektif dan psikomotor)