Departemen

Dermatologi dan Venereologi

/

Departemen Dermatologi dan Venereologi

Keberadaan Bagian Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin sesuai dengan perkembangan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang berdiri sejak tahun 1962. Untuk membimbing mahasiswa tingkat klinik (semesterVI – VIII) dan mahasiswa tingkat akhir (Koasisten), sangat diperlukan keberadaan mata kuliah tingkat klinik, salah satu diantaranya adalah Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin. Dalam merealisasikan hal tersebut maka dengan semangat pengabdian yang tinggi serta tanggung jawab terhadap perkembangan FK Unud, maka pada tahun 1971 Kepala Bagian Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin FK Unair/RSUD Dr.Soetomo, Surabaya, Prof.dr.Ibeni Ilias, bersama dr.N.Wirya Duarsa yang pada waktu itu masih menjalani pendidikan spesialis, membuka Poliklinik Penyakit Kulit dan Kelamin di RSU Wangaya. Pada saat itu masih menggunakan garasi rumah sakit. Perkuliahan dilakukan oleh Prof.dr.Ibeni Ilias dengan pulang pergi dari Surabaya. Setelah dr.N.Wirya Duarsa selesai menjalani pendidikan spesialis pada tahun 1971, barulah perkuliahan dilaksanakan oleh dr.N.Wirya Duarsa. Setelah itu Bagian Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin berkembang dengan bertambahnya staf, yaitu tahun 1974 dr. Suteja Rana telah kembali dari pendidikan di Surabaya, namun belum lama mengabdi di Bagian beliau meninggal karena sakit. Sejak tahun 1976, dr. IGA. Sumedha Pindha menjadi staf dan kemudian berturut-turut diangkat dr.Made Bratiartha tahun 1978, dr.Made Swastika Adiguna tahun 1979 dan dr. Made Wardhana tahun 1980.

Dengan berkembangnya Bagian, dr.IGK.Darmada diangkat tahun 1984, dr Luh Mas Rusyati pada tahun 1988, dan dr. Tjok Putra Pemayun (alm) diangkat sebagai dosen luar biasa pada tahun 1988. Selanjutnya, tahun 1994 dr.AA.GP.Wiraguna diangkat menjadi staf dan dr.Gd.Agus Nusantara tahun 1997.

Dalam persiapan pendidikan spesialis, pada tahun 2002, dr.Made Sudarjana , dr.P.Laksmi Anggari Putri Duarsa, dr.Endang Sukrawati, dr.K.Kwartantaya , dr.IGA. Praharsini dan dr Herman Saputra diangkat sebagai dosen luar biasa.

Sesuai dengan induk RS Sanglah sebagai rumah sakit rujukan dan rumah sakit pusat pendidikan, maka tahun 1988 Bagian Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin FK Unud di RSU Wangaya pindah ke RS Sanglah, Denpasar, untuk menyesuaikan dengan rencana induk pengembangan FK Unud dan RS Sanglah.

News

More News

Event

More Event

Profil Dosen Pengajar