Departemen Ilmu FAAL

Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

/

Departemen Ilmu FAAL

Bagian Fisiologi yang kini bernama Departemen Ilmu Faal berdiri pada tahun 1962 dengan Ketua/Kepala Bagian Drs. IB Adnyana Manuaba. Awalnya Bagian Faal terdiri dari1 anggota sebagai perintis dan beliau adalah Drs. IB Adnyana Manuaba yang berusaha mengembangkan Bagian Faal dengan sepenuh hati dan melalui perjuangan yang panjang dan berliku. Bahkan pada awalnya, di mana alat-alat laboratorium belum ada, beliau terpaksa harus  meminta alat-alat lab dari UI di mana alat-alat tersebut sudah tidak digunakan oleh UI.

Saat ini Departemen Ilmu Faal terdiri dari 13 orang staf dosen yang meliputi 2 orang Guru Besar, 2 orang guru besar yang dikontrak, 5 orang dosen bergelar doktor, dan 4 orang dosen bergelar master, dan 1 orang pegawai/tenaga pendidik ASN serta 1 orang pegawai kontrak.

Dalam perkembangannya, Departemen Ilmu Faal selalu aktif melakukan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam Bidang Pendidikan

Selain memberikan kuliah rutin staf Departemen Ilmu Faal juga aktif menginisiasi pendirian program magister dan doktor di Universitas Udayana. Prof. Dr. dr. N. Adiputra, MOH merintis pembentukan S2 Fisiologi Olahraga dan S2 Ergonomi-Fisiologi Kerja. Akhirnya S2 Fisiologi Olahraga berdiri pada Tahun 1995 yang kini bernama Program studi Magister Fisiologi Keolahragaan bersamaan dengan S2 Ergonomi-Fisiologi Kerja yang juga berdiri padaTahun 1995. Departemen Ilmu Faal juga memelopori pendirian S3 Ilmu Kedokteran dan akhirnya telah berdiri pada Tahun 2000. Departemen Ilmu Faal juga memelopori dalam mendirikan dan mengembangkan beberapa organisasi antara lain Ikatan Ahli Ilmu Faal Indonesia (IAIFI) dan Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI) serta berperan aktif dalam pembentukan organisasi tingkat internasional dan Asia Pasifik antara lain International Ergonomic Association (IEA), South East Asia Network Ergonomic Society (SEANES). Departemen Ilmu Faal juga selalu menginspirasi Universitas lain di Indonesia untuk selalu menyelenggarakan  Seminar/Simposium/Konferensi bertaraf  Nasional maupun Internasional setiap tahun. Peran aktif Departemen Ilmu Faal di bidang kedokteran didasari oleh filosofis Physiology today is medicine for tomorrow. Fisiologi kedokteran merupakan ilmu dasar yang harus dikuasai oleh para mahasiswa dan sebagai aplikasinya dapat dikembangkan melalui Fisiologi Keolahragaan dan Ergonomi-Fisiologi kerja.

Bidang penelitian dan pengabdian. Departemen Ilmu Faal secara aktif berperan serta dalam penelitian dan mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal ilmiah maupun dalam pertemuan-pertemuan nasional maupun internasional. Penelitian juga dilaksanakan bekerjasama dengan universitas lain seperti Sinshu University of Japan, CERGO Research Institute Belgia, Silsoe Research institute UK. Pada bidang Pengabdian Kepada Masyarakat juga secara rutin dikerjakan oleh Departemen Ilmu Faal seperti pemberdayaan SDM melalui workshop SHIP Approach di Bali dan Kabupaten Bantul serta mengabdikan diri di KONI Bali dan perusahaan-perusahaan swasta di Bali

Profil Dosen Pengajar