/

Departemen Farmakologi

Departemen Farmakologi dan Terapi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Udayana (Unud) merupakan salah satu Departemen pre klinik di bawah FK Unud yang aktif melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bentuk Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Awalnya Departemen Farmakologi merupakan salah satu Bagian di bawah Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) FK Unud. Sejak tahun 2016 Bagian Farmakologi digabungkan dengan Bagian Farmasi di bawah PSPD FK Unud menjadi Bagian Farmakologi dan Terapi. Selanjutnya pada tahun 2017 terdapat pergantian nomenklatur di lingkungan Unud di mana nama Bagian diubah menjadi Departemen, sehingga terbentuklah Departemen Farmakologi dan Terapi.

Saat ini Departemen Farmakologi dan Terapi memiliki 12 orang staf akademik dengan kualifikasi sebagai berikut: 2 orang Guru Besar, 4 Doktor, 6 orang Magister (4 orang sedang menempuh pendidikan S3).

Dalam bidang Pendidikan, staf Departemen Farmakologi dan Terapi aktif melakukan pengajaran S1, S2 dan S3, baik dalam lingkungan FK maupun luar FK, bahkan luar Bali (antara lain di Farmasi, FKG, Stikes Wiramedika, Poltekkes Denpasar, Poltekkes Mataram).

Dalam bidang Penelitian, staf Departemen Farmakologi dan Terapi selalu aktif mengajukan proposal untuk berbagai dana hibah penelitian di lingkungan FK maupun Unud setiap tahunnya. Departemen Farmakologi dan Terapi juga mengelola Animal Laboratory Unit (ALU) yang telah berkembang sebagai tempat melakukan penelitian menggunakan hewan coba serta Laboratorium Pengembangan Obat. Sejak tahun 2016 Laboratorium ALU dan Pengembangan Obat berubah struktur menjadi Divisi Hewan Coba dan Pengembangan Obat yang berada di bawah pengelolaan Unit Laboratorium Biomedik Terpadu FK. Hingga saat ini Divisi Hewan Coba dan Pengembangan Obat masih menjadi salah satu pilihan bagi mahasiswa S1, S2 maupun S3 serta staf dosen di lingkungan FK maupun luar FK untuk melakukan penelitian menggunakan hewan coba, khususnya menggunakan bahan herbal (misalnya ubi jalar ungu, mahoni, biji pepaya, dan sebagainya) yang ditargetkan untuk menghasilkan  produk obat herbal terstandar ataupun jamu.

Sebagai bentuk partisipasi aktif di bidang Pengabdian Masyarakat, Departemen Farmakologi dan Terapi selalu aktif melakukan kegiatan penyuluhan maupun pelayanan kesehatan (pemeriksaan kesehatan dan pengobatan) pada masyarakat Bali setiap tahunnya. Departemen Farmakologi dan Terapi FK Unud juga tergabung dalam organisasi profesi Ikatan Farmakologi Indonesia (IKAFI) dan aktif dalam setiap kegiatan-kegiatan IKAFI yang bertaraf nasional maupun internasional.

News

More News

Event

More Event

Profil Dosen Pengajar