Departemen Histologi

/

Departemen Histologi

Departemen Histologi pada awalnya bernama Bagian/Laboratorium Histologi yang berdiri sejak berdirinya Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada tahun 1962. Laboratorium Utara merupakan gedung yang ditempati Departemen Histologi sebelum pindah ke gedung Fakultas Kedokteran di lantai IV pada tahun 2003. Saat baru berdiri, ada tiga orang staf pengajar, yaitu Prof. dr. I Gusti Ngurah Gede Puthra sebagai Kepala Departemen, dr. Henky Manangsang dan dr. S. Winata bersama dengan beberapa asisten dosen. Asisten dosen tersebut akhirnya diangkat menjadi staf pengajar Departemen Histologi setelah menjadi sarjana muda, yaitu dr. Tjatur, dr. Sudana Wirawan, dr. Trisnawati, dr. Sumantra, dan dr. Wayan Semadha, M.Repro. Posisi Kepala Departemen Histologi digantikan oleh dr. Tjatur ketika Prof. dr. I Gusti Ngurah Gede Puthra diangkat menjadi wakil rektor II. Kepala Departemen selanjutnya adalah dr. Sumantra, dr. Wayan Semadha, M.Repro, dr. I.G.N. Mayun, dr. I.G.N. Sri Wiryawan, M. Repro. Saat ini Kepala Departemen Histologi adalah dr. I Wayan Sugiritama,M.Kes. Staf pengajar yang ada saat ini adalah Dr. dr. Ida Ayu Ika Wahyuriari, M.Kes, Dr. dr. Ni Made Linawati, M.Si, dr. I Gusti Ayu Dewi Ratnayanthi, M.Biomed, dr. I Gusti Nyoman Kamasan Arijana, Msi.Med, dan dr. Yoni Komalasari dengan dibantu oleh dua petugas administrasi dan laboran yaitu Anom Nata dan I Made Angga Baskara, S.Si.  

Metode pengajaran pada awal berdirinya Departemen Histologi memakai fasilitas yang sangat terbatas dengan menggunakan beberapa mikroskop cahaya. Modul pengajaran disusun oleh Prof. dr. I Gusti Ngurah Gede Puthra, dr. Henky Manangsang dan dr. S. Winata. Saat ini untuk pengajaran dilakukan dengan beberapa metode dan alat pendukung yang cukup memadai antara lain, mikroskop cahaya binokuler, mikroskop kamera, dan  LCD proyektor, serta ruang praktikum yang nyaman. Sumber referensi dalam proses pembelajaran menggunakan textbook terbitan terbaru dari beberapa publisher dan e-book.

Selain mengajar, staf Departemen Histologi juga melakukan pengabdian masyarakat dan penelitian sebagai komitmen untuk melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi. Setiap tahun staf Departemen Histologi selalu melakukan pengabdian masyarakat baik dalam bentuk penyuluhan kesehatan dan pelayanan pengobatan gratis yang sudah dilaksanakan di beberapa Kabupaten di Bali. Departemen Histologi juga memiliki beberapa fasilitas untuk menunjang penelitian antara lain fasilitas histoteknik, pengecatan rutin, pengecatan khusus, imunohistokimia, Real TimePCR, PCR, Kultur Sel, dan analisis genetik. Penelitian di Departemen Histologi meliputi beberapa bidang yaitu : imunologi, biologi kanker, anti-aging, genetika , antioksidan dan fitoestrogen. Hasil penelitian juga dipublikasikan pada jurnal nasional, internasional, dan internasional bereputasi.

Profil Dosen Pengajar