Departemen

Andrologi dan Seksologi

/

Departemen Andrologi dan Seksologi

Perkembangan ilmu andrologi dan ilmu seksologi medis berkembang sangat pesat. Masyarakat juga membutuhkan  edukasi  serta pelayanan di bidang  ini ke  depannya yang  semakin baik. Sehingga peluang ini disambut baik oleh para dosen di Fakultas Kedokteran yang memiliki kompetensi di bidang ini untuk membentuk bagian tersendiri di bidang andrologi dan bidang seksologi.

Di samping itu juga adanya rekomendasi dari Kolegium Andrologi yang meminta agar Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dapat segera membuka Program Pendidikan Dokter Spesialis Andrologi menyusul Universitas Airlangga, dianggap perlu untuk membuat bagian tersendiri untuk mempersiapkan hal ini. Akhirnya tahun 2008 pendirian Bagian Andrologi dan Seksologi dapat direalisasikan, dengan personel saat itu adalah: 1) Prof. Dr.dr. Wimpie Pangkahila, Sp.And, FAACS, 2) Prof. Dr.dr. Alex Pangkahila, M.Sc, Sp.And, dan 3) Prof.Dr.dr.Made Subrata, Sp.And (alm)

Dalam perjalanannya Bagian Andrologi dan Seksologi, beberapa hal penting yang perlu dicatat dalam mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi, adalah melakukan kegiatan rutin Pendidikan Intensif Seksologi (PIS) Tingkat Dasar dan Tingkat Lanjut untuk kalangan profesi dokter di seluruh Indonesia yang  berminat  dengan ilmu seksologi. Juga membantu Program Studi Pascasarjana Biomedik di kekhususan Kedokteran Reproduksi, yang di awal pembentukannya direncanakan sebagai program jembatan untuk melanjutkan studi spesialisasi andrologi.

Sejak awal berdirim yang memimpin bagian ini adalah Prof. Dr. dr. Wimpie Pangkahila, Sp.And, FAACS. Mulai tahun 2018, yang mengepalai Bagian Andrologi dan Seksologi adalah Plt. Dr.dr. I Dewa Made Sukrama, MSi,  Sp.MK(K),  yang  menjabat sebagai Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Saat ini Bagian Andrologi dan Seksologi berubah nama menjadi Departemen Andrologi dan Seksologi dengan tambahan tiga staf baru: 1) dr Made Oka Negara, 2) dr I Gusti Ngurah Pramesemara, MBiomed, dan 3) dr Yukhi Kurniawan, Sp.And.