/

Unit Penjamin Mutu Fakultas (UPMF)

Unit Penjaminan Mutu Fakultas (UPMF) adalah unsur pelaksana yang bertugas melaksanakan proses penjaminan mutu akademik di Fakultas. UPMF dipimpin oleh seorang Ketua dan dibantu oleh seorang Sekretaris yang bertanggung jawab langsung kepada Dekan (Keputusan Rektor Unud No. 1711/UN14.2/KP/2013 dan diganti dengan Keputusan Rektor Unud No. 159.10/UN14.2/KP/2015. Untuk tingkat PS dibentuk Tim Pelaksana Penjaminan Mutu (TPPM) berdasarkan Keputusan Rektor Unud No. 14.4/UN14.2/PP/2015.

Sistem Penjaminan Mutu dipandang sebagai salah satu cara untuk menjawab berbagai permasalahan pendidikan tinggi di Indonesia. Selain itu, SPMI dianggap mampu untuk menjawab tantangan pendidikan tinggi. Secara umum, pengertian penjaminan mutu (quality assurance) pendidikan tinggi adalah:

a. Proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pendidikan secara konsisten dan berkelanjutan sehingga pelanggan memperoleh kepuasan.
b. Proses untuk menjamin agar mutu lulusan sesuai dengan kompetensi yang diltetapkan/dijanjikan sehingga mutu dapat dipertahankan secara konsisten dan ditingkatkan secara berkelanjutan.

Dengan kata lain, perguruan tinggi dikatakan bermutu apabila, mampu menetapkan dan mewujudkan visinya melalui pelaksanaan misinya (aspek deduktif), serta mampu memenuhi kebutuhan memuaskan stakeholders (aspek induktif) yaitu kebutuhan masyarakat, dunia kerja dan profesional. Sehingga, perguruan tinggi harus mampu merencanakan, menjalankan dan mengendalikan mutu proses yang menjamin pencapaian mutu. Agar semua program lebih terencana maka UPMF menyusun program kerja tahunan.

UPMF mempunyai tugas sebagai berikut

a. Menyusun kebijakan penjaminan mutu di lingkungan Fakultas
b. Melaksanakan program monitoring dan evaluasi kegiatan di Fakultas
c. Melaksanakan pelatihan dalam rangka peningkatan mutu di Fakultas
d. Membantu institusi dalam melaksanakan program akreditasi dan standarisasi di Fakultas
e. Membuat Rencana Kerja Tahunan
f. Memberikan laporan kinerja tahunan ke Fakultas.

News

More News

Event

More Event