Dekan Fakultas Kedokteran Unud Prof. Dr. dr. I K Suyasa, SpB, SpOT(K) dan Direktur RS Unud Prof. Dr. dr. DPG Purwa Samatra, SpS(K) menerima kunjungan Komandan Korem 163 Wirasatya Brigjend TNI Husein Sagaf, SH dan Kakesdam IX/Udayana Kolonel CKM dr. I Made Mardika, Sp.PD di RS Unud, Rabu (22/7/2020).

Kunjungan ini mendiskusikan pelaksanaan terapi plasma konvalesen (TPK) yang telah dilakukan di RS Universitas Udayana.

Terapi plasma konvalesen merupakan pemberian plasma dari pasien Covid-19 yang telah sembuh untuk didonorkan kepada pasien Covid-19 yang masih dirawat. Pasien Covid-19 yang telah sembuh diambil plasmanya pada 2 minggu setelah sembuh/ dinyatakan negatif. Waktu 2 minggu ini dinilai fase terbaik, karena kadar antibodinya dinilai paling tinggi.

Pada kesempatan ini Danrem 163 Wirasatya dan Dekan FK Unud didampingi Direktur RS Unud sempat berbincang dengan salah seorang pendonor plasma konvalesen yang akan mendonorkan plasmanya hari ini. Pendonor ini sempat dirawat di RS Unud selama 14 hari dan sudah sembuh dari Covid-19.Pasien tergerak hatinya/merasa terpanggil untuk mendonorkan plasmanya.

Terapi plasma konvalesen di RS Unud telah dilakukan sebanyak 5 kali dengan menggunakan plasma yang didapatkan dari RSPAD. Setelah diskusi ini, akan diselenggarakan webinar dengan mengundang peserta dari para pengambil kebijakan di tingkat Provinsi dan seluruh kabupaten di Bali dengan narasumber dari RS Unud dan RSPAD.

Selain webinar, untuk mengembangkan terapi plasma konvalesen ini akan dilaksanakan sosialisasi ke masyarakat untuk meningkatkan jumlah pendonor dan untuk menyampaikan kegunaan terapi plasma konvalesen.

Share this Post:

Related Posts: