Program Studi Sarjana Fisioterapi & Profesi Fisioterapi

PENGABDIAN MASYARAKAT

/

Program Studi Sarjana Fisioterapi & Profesi Fisioterapi

Koprodi : Dr. Ni Wayan Tianing, S.Si, M.Kes

Program Studi Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (PS Fisioterapi FK Unud) merupakan program studi yang dibuka di FK Unud setelah Program Studi Pendidikan Dokter, Program Studi Ilmu Kesehatan masyarakat, Program Studi Ilmu Keperawatan, dan Program Studi Psikologi. Program Studi ini dibuka untuk menjawab tantangan akan perlunya tenaga fisioterapi yang profesional dalam hal ini bersifat otonom dan mandiri di Indonesia sesuai dengan Kepmenkes 376/Tahun 2007. Fisioterapi sebagai salah satu profesi kesehatan dituntut untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara profesional, efektif dan efisien. Hal ini disebabkan oleh karena pasien/klien fisioterapi secara penuh mempercayakan permasalahan gangguan gerak dan fungsi yang dialaminya untuk mendapatkan pelayanan fisioterapi yang bermutu dan bertanggung jawab. Ijin penyelenggaraan Program Studi Fisioterapi dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi No. 53/D/O/2010 pada tanggal 21 Mei 2010.

Visi

Visi Program Studi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi FK Unud adalah Terbentuknya Program Studi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi yang mampu menghasilkan lulusan fisioterapis unggul, mandiri, dan berbudaya serta mempunyai daya saing secara global pada tahun 2025.

Berdasarkan visi di atas yang dimaksud dengan, unggul, mandiri, dan berbudaya adalah sebagai berikut :

  1. Unggul:  Lulusan fisioterapis  memiliki  kompetensi  tinggi,  daya  saing dan  bijaksana  dalam  menerapkan praktek fisioterapi untuk  meningkatkan  derajat kesehatan, martabat  bangsa  dan  negara  serta  kemanusiaan  pada umumnya (cakra widya prawartana).
  2. Mandiri: Lulusan fisioterapis mampu melakukan pelayanan fisioterapi profesional serta menjadi sumber  daya  manusia yang memiliki  kepribadian  yang  tangguh  dan kemampuan berinteraksi dengan lingkungan yang berkembang secara dinamis.
  3. Berbudaya: Lulusan fisioterapis memiliki  kepekaan  dan ketajaman nurani serta mampu memanfaatkan nilai-nilai luhur budaya lokal yang bersifat universal untuk berinteraksi di masyarakat.

Misi

Misi umum

Memberdayakan Program Studi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi FK Unud sebagai program studi yang melaksanakan tri dharma perguruan tinggi berlandaskan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan nilai budaya.

Misi khusus

Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan mampu menerapkan praktek fisioterapi berbasis teknologi, yang berlandaskan budaya.

Menyelenggarakan pengembangan institusi untuk mewujudkan program studi yang mandiri serta mempunyai tata kelola yang baik (Good Corporate Governance).

Tujuan

Program Studi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana memiliki tujuan yaitu :

  1. Menghasilkan lulusan fisioterapis yang unggul, mandiri, berbudaya, serta memiliki integritas sebagai fisioterapis sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Menghasilkan penelitian yang bermutu bertaraf nasional dan internasional berlandaskan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi serta meningkatkan publikasi hasil penelitian pada publikasi ilmiah nasional, dan internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama di berbagai bidang dan dengan berbagai pihak dalam mendukung pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi.
  5. Mengembangkan tata kelola organisasi dan meningkatkan tertib administrasi pengelolaan Program Studi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi.
  6. Meningkatkan akses pendidikan klinik kepada peserta didik Program Studi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi.

Profil Guru Besar

Galeri

Kurikulum, masa studi dan UKT

AKREDITASI

Panduan Pendidikan Profesi