/

Program Studi Psikiatri

Koprodi :

SEJARAH PPDS-I PSIKIATRI FK UNUD dimulai dari adannya Pendidikan Dokter Spesialis I FK UNUD/RSUP Sanglah Denpasar, yang berjalan sejak   tahun   1992   setelah   diterbitkannya   SK   Dirjen   Dikti   nomor 46/Depkes/Kep/1991 dan nomor 50/Depkes/Kep/1991 pada tanggal 24 Juli 1991. Maka sejak saat itu resmi FK UNUD melaksanakan pendidikan dokter spesialis dan boleh menerima peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS I). Pada awalnya PPDS I dimulai oleh Program Studi Ilmu Kesehatan Anak dan Ilmu Bedah FK UNUD. Dalam perkembangannya kemudian, PPDS I FK UNUD banyak diminati peserta dan dikembangkan program studi lain yaitu Program Studi Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Program Studi Ilmu Penyakit Dalam, Program Studi Psikiatri dan Program Studi Ilmu Penyakit THT. Belakangan ini telah  terbentuk  lagi  Program  Studi  Pathologi Anatomi,  Program  Studi  Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, Program Studi Ilmu Penyakit Saraf, Program Studi Anasthesi dan Reanimasi, Ilmu Penyakit Mata, Kardiologi, dan Orthopaedi. Sampai bulan Juli 2011, program studi yang melaksanakan PPDS I penuh adalah 10 (sepuluh) Program Studi (PS) yaitu : PS. Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Bedah, Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Psikiatri, Ilmu Penyakit THT, Ilmu Pathologi Anatomi, Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, Ilmu Penyakit Saraf dan Ilmu Anasthesi dan Reanimasi, Ilmu Penyakit Mata, Kardiologi, dan Orthopaedi. Beberapa program studi pelaksana PPDS I lain akan menyusul pembentukkannya sesuai dinamika pengetahuan dan teknologi kedokteran yang berkembang sangat pesat.

Pendidikan Dokter Spesialis I Psikiatri FK UNUD/RSUP Sanglah Denpasar, dimulai dengan kunjungan dua orang ahli bidang psikiatri yang berkunjung ke Bagian / UPF Psikiatri FK UNUD / RSU Wangaya Denpasar tahun 1982 yaitu : Dr. Jan Prasetyo, SpKJ (FK UI) dan Dr. Makmuri Muchlas, SpKJ (FK UGM). Diterima di Bagian / UPF Psikiatri FK UNUD / RSU Wangaya Denpasar oleh Dr. I Gusti Putu Panteri, SpKJ (Kepala Bagian) dan staf. Pembicaraan masalah kemungkinan pendidikan pendahuluan dapat dilakukan di Bagian Psikiatri FK UNUD diteruskan program finising touch di Bagian / UPF Psikiatri FK UNAIR / RS Dr. Sutomo Surabaya. Kunjungan selanjutnya dari KPS Bagian / UPF Psikiatri FK UNAIR / RS Dr. Sutomo Surabaya yaitu : Dr. H. Mawardi, SpKJ dan Dr Ivat Handoko Daeng Bonapentura (staf). Diterima oleh Kepala Bagian Psikiatri Prof. DR. Dr. L K Suryani, SpKJ & staf. Lebih lanjut membicarakan tentang pendidikan pendahuluan dan finising touch di Bagian Psikiatri FK UNAIR / RS Dr. Sutomo Surabaya. Dari pembicaraan itu akhirnya keluarlah surat persetujuan dari Kepala Bagian / UPF Psikiatri FK UNAIR / RS Dr. Sutomo Surabaya No. 013/PTO 3.2/Psik/I/1994 tertanggal 17 Januari 1994 perihal Pendidikan Pendahuluan PPDS I di Bagian Psikiatri FK UNUD / RS Wangaya Denpasar kemudian dilanjutkan finising touch di Bagian Psikatri FK UNAIR / RS Dr. Sutomo Surabaya yang ditandatangani oleh : Dr. Endang Warsiki, SpKJ (Kepala Bagian / UPF Psikiatri FK UNAIR / RS Dr. Sutomo Surabaya) dan Dr. Mawardi, SpKJ (KPS Psikiatri FK UNAIR).

Akhirnya dilakukan visitasi oleh tim visitor pada tanggal 11 – 13 September 1997 ke Bagian / SMF Psikiatri FK UNUD / RSUP Sanglah Denpasar. Pada saat itu Kantor Sekretariat Bagian Psikiatri ada di Gedung Nusa Indah RSUP Sanglah Denpasar. Tim Pusat yang datang yaitu : Prof. Dr. R Daldiri Mangundiwirjo, SpKJ (FK UNAIR), Prof DR. Dr. H A Prayitno, SpKJ(K) (FK UI), dan DR. Dr. H Soemarno, SpKJ (FK UGM). Waktu itu Kepala Bagian / SMF Psikiatri FK UNUD / RSUP Sanglah Denpasar adalah Prof. DR. Dr. Luh Ketut Suryani, SpKJ. Hasil dari visitasi tersebut keluarlah Surat Keputusan dari DIKTI tentang Pendirian PPDS I Psikiatri No. 98/DIKTI/Kep/1998 tertanggal 27 Maret 1998 yang ditandatangani oleh Dra. Merry L Panjaitan (Kepala Bagian Tatalaksana, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Sejak berdirinya, Program Studi Psikiatri sudah mengalami beberapa kali pergantian KPS dan SPS yaitu :

Sebelum tahun 1998:KPS/Kepala Bagian : Prof. DR.dr. L.K.Suryani SpKJ(K) – SPS : dr Wayan Westa SpKJ (K) Tahun 1998: Rapat antara Dekan FK UNUD (Prof DR.dr Ketut Sukardika SpMK), Prof dr Elias Sukardi, Prof DR.dr. Ketut Suryani SpKJ (K), dr Wayan Westa SpKJ (K), Prof DR.dr Tjokorde Alit Kamar Adnyana SpFK, di putuskan KPS tidak boleh dirangkap oleh Kepala Bagian sehingga diputuskan KPS : Dr Wayan Westa SpKJ (K).

Tahun 2003 : KPS : dr Nyoman Hanati SpKJ (K)

Tahun 2006 : KPS : dr Nyoman Hanati SpKJ (K) – SPS : dr Lely Setyawati SpKJ (K)

Tahun 2008: KPS : dr. Nyoman Hanati SpKJ (K) – SPS: dr Wayan Westa SpKJ (K)

Tahun 2012-2015 : KPS: dr Wayan Westa SpKJ(K) – SPS : dr Luh Nyoman Alit Aryani SpKJ

Tahun 2015-2017 : KPS: dr Luh Nyoman Alit Aryani SpKJ – SPS : dr. Ni Ketut Putri Ariani, SpKJ

Tahun 2018: Koordinator Program Studi: dr Luh Nyoman Alit Aryani SpKJ(K)

News

More News

Event

More Event

Profil Guru Besar