PROGRAM STUDI ILMU BEDAH SARAF

/

Program Studi Ilmu Bedah Saraf

Koprodi : Prof. Dr. dr. Sri Maliawan., Sp.BS(K) , FICS

Prof. Dr. dr. Sri Maliawan., Sp.BS(K) adalah perintis yang membangun dan mengembangkan Bedah Saraf ini di Denpasar dan Indonesia Timur. Pada sekitar tahun 1991 bedah saraf di Denpasar masih belum begitu dikenal dengan baik, namun dengan susah payah Beliau memperkenalkan semua jenis layanan bedah saraf untuk kasus trauma, tumor, infeksi, kongenital, spine, degenerative dan stroke secara solo (sendirian).

Tahun 1996 putra Bali dari   Singaraja yang berkilau seperti nama Beliau dr. Nyoman Golden, SpBS lulus dari UNAIR untuk membantu Prof. Dr. dr. Sri Maliawan., Sp.BS(K)  di RSUP Sanglah Denpasar. Keseharian Prof Sri menjadi lebih ceria dengan adanya sejawat baru yang membantu derap langkah kesehatan masyarakat di Bali khususnya di Bedah Saraf. dr. Nyoman Golden,

SpBS lebih konsen di bidang skull base dan neuro onkologi, hingga belajar keliling dunia untuk memperdalam divisi yg sangat disukainya. Jepang, Amerika, Eropa, Timur Tengah, Australia semua dijajal untuk menambah ilmu dan ketrampilnnya, kemajuan demi kemajuan dicapai RSUP Sanglah Denpasar dikala itu berupa skull base surgery, operasi tumor batang otak dan operasi sulit dasar tengkorak menjadi makann sehari-hari. Tidak lupa juga membuat karya tulis untuk dipublikasikan oleh Beliau berdua hingga ke mancanegara. Pendidikan kala itu masih difokuskan untuk dokter muda (S1) dan residen bedah umum (Sp1) dengan jadwal juga yang sangat padat termasuk tugas bimbingan mahasiswa dan residen, pemberian kuliah, bimbingan penelitiaan dan penulisan artikel ilmiah. Semua pekerjaan berat dilakoni secara tandem, Beliau bekerja berdua hingga taun 2005.

Mengapa? Karena pada tahun 2005 tepatnya bulan Mei datanglah putra Gianyar yg bernama dr Tjokorda Gde Bagus Mahadewa,M.Kes.,SpBS. Orang ketiga ini membawa semangat bahan bakar dan kecepatan yang baru dalam pelayanan bedah saraf di RSUP Sanglah Denpasar. Hingga taun 2006 terbentuklah Satuan Medik Fungsional (SMF) Bedah Saraf RSUP Sanglah Denpasar. Terbentuknya SMF ini mempermudah gerak dan keluwesan pemberian pelayanan khususnya bedah saraf dibanding tahun – tahun sebelumnya. Jumlah kasus lebih banyak dan bervariasi dan jumlah pasien yang ditolong semakin beragam.

Kemajuan pelayanan tulang belakang menjadi konsen Dr TJ. Pendidikan fellowshif spine dilakoni hingga mancanegara seperti Jepang, Korea Selatan, Kanada, Singapura dan Malaysia. Disamping pelayanan dan penelitian yang bersangkutan rajin menulis buku.

Dari buku ajar, buku referensi hingga monograf. Publikasi juga tidak kalah hebohnya terutama di jurnal terindeks scopus. Hingga saat ini sdh lebih dari 15 artikel jurnal internasional bereputasi scopus yg dipublikasikannya. Tidak sampai disana juga membukukan 7 hak kekayaan intelektual (HAKI) dan 1 paten dalam proses.

Dua tahun kemudian datanglah seorang putra Denpasar   yang bernama dr. I Wayan Niryana, M.Kes.,SpBS ,tepatnya pada bulan agustus tahun 2007. Semenjak itu pelayanan stroke begitu majunya hingga pelayanan clipping aneurisma biss terlaksana hingga saat ini.

Pelayanan bedah saraf kemudian berkembang dari operasi konvensional (open surgery), teknik bedah mikro, hingga neuroendoskopi dan teknik operasi minimal invasif lainnya. Desember 2015, datanglah putra Singaraja yang bernama dr. Dewa Putu Wisnu Wardhana, SpBS. Berbekal pengalaman selama pendidikan spesialis di Surabaya, menjalani clinical fellowship di Singapura, fellowship bedah saraf spinal minimal invasif di Kanagawa Jepang serta fellowship bedah saraf tumor otak di Osaka Jepang, dr. Dewa Putu Wisnu Wardhana, SpBS melengkapi pelayanan bedah saraf RSUP Sanglah Denpasar kearah lebih optimis. Dalam hal akademis seperti halnya para senior, dr. Dewa Putu Wisnu Wardhana, SpBS aktif sebagai dosen serta mengikuti pertemuan-pertemuan bedah saraf internasional. Keseluruhan kegiatan yang dilaksanakan terutama untuk kepentingan pasien. Tahun 2018, dr. Dewa Putu Wisnu Wardhana, SpBS dipercaya menjadi ahli bedah saraf pertama di RS Universitas Udayana sekaligus kepala instalasi Unit Gawat Darurat. Rumah sakit tersebut diprospek menjadi proyeksi dan cerminan pendidikan di FK Unud di masa depan.

Visi

Menjadikan lembaga pendidikan dokter spesialis Ilmu Bedah Saraf  sebagai pusat pendidikan, penelitian, dan pelayanan yang mampu menghasilkan lulusan yang unggul, mandiri, profesional dan berbudaya serta mempunyai daya saing di tingkat nasional dan internasional di tahun 2027.

Berdasarkan  visi  di  atas  yang  dimaksud  dengan  unggul,  mandiri,  profesional  dan berbudaya adalah sebagai berikut.

  1. Unggul: SDM yang memiliki kompetensi tinggi, daya saing dan bijaksana dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya untuk meningkatkan martabat bangsa dan negara serta kemanusiaan pada umumnya (cakra widya prawartana).
  2. Mandiri: SDM yang memiliki kepribadian yang tangguh dan kemampuan berinteraksi dengan lingkungan yang berkembang secara dinamis.
  3. Profesional: SDM yang mampu memberikan pelayanan sesuai dengan kompetensi dan standar prosedur operasional di bidang ilmu bedah saraf
  4. Berbudaya: SDM yang memiliki kepekaan dan ketajaman nurani serta mampu memanfaatkan nilai-nilai luhur budaya lokal yang bersifat universal untuk berinteraksi di masyarakat.

Misi

Misi dari Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Bedah Saraf FK UNUD/RSUP Sanglah adalah

  1. Meningkatkan kegiatan   pendidikan   bidang   bedah   saraf   yang   unggul,   dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran yang pesat berlandaskan budaya, moral, dan integritas yang tinggi sesuai dengan tuntutan masyarakat.
  2. Mengembangkan penelitian   mandiri    dan    menerapkan   ilmu   serta   teknologi kedokteran dalam  pelayanan  dan pengabdian kepada masyarakat sehingga  dapat memberikan solusi terhadap masalah kesehatan di masyarakat.
  3. Menumbuhkan sikap dan profesionalisme serta kemandirian di bidang keilmuan dan pelayanan Bedah Saraf sesuai tuntutan dan standar nasional dan internasional, serta memiliki integritas kepribadian yang tinggi.

Tujuan

Gallery

KURIKULUM & UKT

AKREDITASI