Jurnal Psikologi Udayana (JPU)

/

Jurnal Psikologi Udayana (JPU)

Koprodi :

Jurnal Psikologi Udayana (JPU) merupakan jurnal ilmiah psikologi yang diterbitkan oleh Program Studi Sarjana Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana. JPU terbit pertama kali pada bulan Desember 2016. Jurnal ini berdiri dengan tujuan agar dapat menjadi media publikasi bagi para peneliti yang melakukan penelitian bertujuan untuk memfasilitisi proses interaksi dan diskusi mengenai perkembangan psikologi dalam masyarakat Indonesia.

Focus dan Scope JPU adalah Psikologi Kesehatan dan Budaya. Adapun artikel ilmiah yang termasuk di focus dan scope penelitian adalah segala penelitian dengan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif bidang ilmu psikologi klinis, psikologi industri dan organisasi (PIO), psikologi pendidikan, psikologi perkembangan, dan psikologi sosial.

Saat ini JPU telah terindeksasi Crossref, Google Scholar, Garda Rujukan Digital (GARUDA), Science and Technology Index (SINTA). Indeksasi SINTA 4 didapat pada akreditasi jurnal ilmiah periode VII Tahun 2019 dengan Surat Keputusan (SK) Nomor: 36/E/KPT/2019. JPU juga telah memiliki ISSN print maupun online yaitu 2354-5607 (print) 2654-4024 (online). Tim editor JPU 55% berasal dari Universitas Udayana dan 45% merupakan mitra bestari dan tim reviewer JPU 16% berasal dari Universitas Udayana dan 84% merupakan mitra bestari.

Dalam setahun JPU terbit sebanyak dua kali yaitu pada bulan April dan Oktober. Sampai saat ini JPU telah menerbitkan 6 edisi khusus yang bertemakan psikologi umum, cultural health psychology, psikologi positif, kesehatan mental, psikologi pendidikan, dan kesehatan mental dan budaya 1.

Saat ini Program Studi Sarjana Psikologi sedang dalam proses pembentukan jurnal baru yaitu Widya Cakra: Journal of Psychology and Humanities, yang penerbitannya dikhususkan sebagai sarana publikasi artikel ilmiah mahasiswa. Jurna Widya Cakra direncanakan akan terbit dua kali dalam setahun, dengan mengambil fokus dan scope adalah penelitian-penelitian terkait dengan pengembangan ilmu psikologi dan perilaku manusia yang mana hasil-hasil penelitian diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan manusia. Ranah keilmuannya antara lain psikologi perkembangan, psikologi klinis, psikologi kesehatan, budaya dan perilaku manusia, psikologi Pendidikan, psikologi transpersonal dan spiritualitas, serta menerima kajian-kajian ilmu kesehatan lain yang relevan dengan perilaku manusia.

Visi

Misi

Tujuan

News

More News

Event

More Event

Profil Guru Besar